Sunday, November 27, 2016

BERSALAMAN?

Di zaman sekarang, berjabat tangan atau bersalaman merupakan sesuatu yang sering ditemui di manapun. Hal ini sudah dianggap lumrah, bahkan di hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha; dapat dipastikan semua orang saling bersalaman satu sama lain. Lantas, di mana letak permasalahannya?

Sebagai muslim, kita pasti mengetahui bahwa dalam Islam diharamkan bersalaman dengan non mahram. Namun kebanyakan orang biasanya akan merasa tersinggung jika orang yang diajak bersalaman menolak untuk mengulurkan tangan. Saya paham, karena hal ini merupakan tradisi masyarakat yang mendarah daging dan begitu sulit untuk dihilangkan. Saya juga merasa dilema; saya tidak ingin membuat orang lain salah paham dan tersinggung, sementara di sisi lain saya juga tidak ingin melanggar syariat.

Lantas, bagaimanakah caranya menghindari bersalaman dengan orang yang bukan mahram sehingga nantinya yang bersangkutan tidak tersinggung dan tidak membuat suasana menjadi canggung?




Syekh Ismail Menk memberikan sebuah alternatif apa yang sebaiknya dilakukan ketika ada orang (non mahram) yang hendak mengulurkan tangan untuk bersalaman, trik dari beliau ini unik dan lucu...hoho. Semoga bermanfaat ya, teman-teman.

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

 

Wonderland Template edited by Ayu